Skip to content

Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya

  • by
milk 2777165 1280

Faktor pendukung kehidupan manusia adalah lingkungan, karena lingkungan menyediakan berbagai jenis sumber daya alam, dan beberapa diantaranya merupakan energi baru dan terbarukan yang memiliki banyak manfaat baik makhluk hidup maupun tumbuhan yang diyakini semuanya memiliki manfaat masing – masing.

Jenis Sumber Daya Alam

a. Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam biotik, yang merupakan kekayaan alam hidup baik itu mikro organisme maupun makro contohnya, manusia, hewan, dan tumbuh tumbuhan. Sumber Daya alam jenis ini terbagi menjadi 2 lagi yaitu :

  1. Sumber Daya alam hewani yang berasal dari hewan ataupun binatang. Contohnya meliputi telur, ikan, daging, ikan dan sebagainya. Sumber Daya alam ini biasanya dibudidayakan oleh manusia. 
  2. Sumber Daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan yang merupakan pembuat atau susunan utama dari sebuah rantai makanan.

b. Sumber Daya Alam Non Hayati (Abiotik)

Sumber daya alam abiotik, yang merupakan kekayaan alam berupa benda mati, contohnya air, batu, tanah, logam dan sebagainya. Berikut contoh dari sumber daya alam non hayati

  1. Tanah, adalah sebuah komponen yang menyusun permukaan bumi yang kalian jadikan pijakan untuk saat ini. Tanah memiliki fungsi yang sangat vital bagi kelangsungan hidup. Baik kelangsungan hidup manusia, hewan,maupun tumbuhan. Contoh untuk pemanfaatan tanah adalah sebagai dasar mendirikan bangunan.
  2. Air, adalah salah sebuah kebutuhan bagi makhluk hidup yang cukup utama, karena sebagian besar bumi ini terdiri dari wilayah perairan dengan ciri – ciri air tanah baik. Contoh manfaat air  adalah, untuk minum, perkebunan, sarana transportasi, penambangan dan sebagainya.
  3. Udara merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh makhluk hidup, yang pada saat ini penggunaanya mulai lebih maksimal. Yaitu guna menghasilkan energi yang dapat digunakan sebagai media pembangkit turbin
  4. Sinar matahari, merupakan salah satu sumber energy yang dapat dimanfaatkan guna pengganti bahan bakar / sumber daya energi tak terbaharukan, sebagai contoh dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.
  5. Hasil tambang adalah kekayaan alam yang begitu melimpah dan beraneka ragam di bumi kalian, dimana keberadaannya mampu menunjang berbagai kebutuhan bagi manusia. mulai dari bahan bakar, sampai perhiasan. Contohnya adalah minyak bumi, batu bara, gas alam, tembaga, emas, marmer, perak, belerang dan sebagainya.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis sumber daya alam yang ada di bumi, namun mungkin beberapa masih belum ditemukan oleh ilmuwan. Namun semua jenis jenis sumber daya alam memiliki manfaat yang banyak bagi kelangsungan hidup manusia.

Manfaat Sumber Daya Alam

a. Manfaat Sumber Daya Alam Hayati

Pemanfaatan sumber daya alam hayati sangat banyak dan secara tidak langsung telah kita lakukan setiap harinya diantaranya adalah sumber daya alam nabati yang dapat digunakan sebagai bahan pangan, sebagai bahan konstruksi, sebagai bahan bakar, sebagai obat – obatan, bahan pupuk organik, bahkan sampai sebagai perhiasan. Sedangakan pemanfaatan sumber daya alam hewani adalah dapat digunakan sebagai bahan pangan, sebagai pakaian, bahan tambahan kosmetik, penunjang kegiatan manusia saat bercocok tanam seperti membajak sawah, dan lain sebagainya.

b. Manfaat Sumber Daya Alam Non Hayati

Berikut dibawah ini merupakan beberapa contoh manfaat dari sumber daya alam non hayati

1. Tanah dan bebatuan yang digunakan manusia untuk membuat bangunan baik untuk tempat tinggal maupun fasilitas umum lainnya

2. Batubara dan minyak bumi yang digunakan manusia untuk membangkitkan energi listrik yang berguna sebgai penunjang kehidupan dan aktifitas manusia

3. Emas dan perak yang dimanfaatkan manusia sebagai perhiasan yang berguna untuk menunjang manusia dalam berpakaian

4. Air dan angin yang dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan sehari hari maupun untuk membangkitkan energi listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *