Macam – Macam Energi Alternatif

  • by
Macam Energi Alternatif


Di dalam kehidupan pastinya kita membutuhkan energi agar dapat menjalani kehidupan sehari – hari. Tapi tahukah kalian bahwa energi dibagi menjadi dua yaitu, energi energi yang tidak terbarukan dan energi yang terbarukan atau bisa juga disebut dengan energi alternatif. Energi alternatif terdiri dari berbagai jenis dan cenderung bisa diperbaharui, meskipun tidak dapat menghasilkan energi sebesar energi fosil akan tetapi energi alternatif pada umumnya tergolong memiliki emisi yang rendah sehingga lebih ramah terhadap lingkungan untuk jangka panjangnya.Nah untuk mengetahui apa saja energi alternatif itu, maka berikut ini adalah daftar macam – macam energi alternatif.

1.     Energi Biomassa

Macam - Macam Energi Alternatif
Energi alternatif yang pertama adalah energi biomassa. Energi biomassa ini menggunakan limbah pertanian seperti sekam padi, serbuk kayu, ampas tebu, tongkol jagung dan limbah pertanian lainnya sebagai bahan bakar pembangkit energi baru yang terbarukan. Nah energi biomassa ini juga diharapkan dapat dimaksimalkan dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan energi pada rumah tangga seperti listrik dan lainnya yang masih sangat dominan. 

2.      Energi Matahari 

Macam - Macam Energi Alternatif
Macam – macam energi alternatif yang selanjutnya adalah energi alternatif yang paling sering kita jumpai di kehidupan sehari – hari yaitu energi matahari. Nah energi matahari ini adalah salah satu energi yang diperkirakan tidak akan habis, maka dari itu sekarang ini mulai banyak bermunculan pembangkit listrik tenaga surya yang digunakan baik untuk fasilitas umum maupun tempat tinggal pribadi. Tapi walaupun energi matahari ini dipercaya dapat menjadi solusi untuk menjadi pengganti dari energi minyak, batu bara dan energi yang lainnya, tetapi tetap saja biaya untuk membangun reaktor energi surya ini masih terbilang sangat mahal. 

3.     Energi Ethanol

Macam - Macam Energi Alternatif
Energi alternatif yang ketiga adalah energi ethanol, nah energi ethanol ini berbahan dasar alkohol yang dihasilkan dari fermentasi tanaman seperti contohnya fermentasi gandum dan jagung. Bahan bakar atau energi ethanol ini dapat dicampur dengan bensin untuk meningkatkan kualitas dan juga kadar oktan. Selain salah satu perusahaan produsen ethanol di Indonesia juga sedang menyiapkan agar energi ethanol ini dapat digunakan untuk menjadi pembangkit tenaga listrik. 

4.     Energi Angin 

Macam - Macam Energi Alternatif
Energi alternatif yang berikutnya adalah energi angin, seperti yang kalian sudah ketahui bahwa energi angin ini sudah dipercaya menjadi salah satu energi alternatif yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Hal ini telah dibuktikan oleh salah satu negara di dunia yang memiliki julukan negeri kincir angin. 

5.     Energi Gelombang Laut

Macam - Macam Energi Alternatif
Macam – macam energi alternatif yang terakhir adalah energi gelombang. Energi gelombang ini memanfaatkan gelombang laut yang sedang pasang. Walaupun energi gelombang ini tidak memiliki dampak yang merugikan bagi lingkungan tetapi tetap saja untuk membangun reactor energi gelombang ini membutuhkan biaya yang cukup mahal, selain itu kendala yang juga akan dialami adalah tidak menentunya kecepatan ombak pada setiap harinya. Tapi walaupun begitu pemerintah Indonesia menaruh perhatian lebih pada energi gelombang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *